Indrastory

Journey to Idjen

Hai kawan..apa kabar ini.? pasti lebih baik dari hari kemarin ya pastinya...

Sekarang sudah bulan Mei di tahun 2013 ternyata, tak terasa sudah yang saya ingat mungkin baru kemarin kita merayakan tahun baru 2013, wow....tenang setiap bulan merupakan kesempatan dan waktu untuk lebih belajar mengahadapi dan menghargai hidup kita, betul..?? :) |

*tepuk tangan dulu dong....* prok..prok..prok...:)

Sang pembaca....| ceileh... hha.... | sekarang nih mau cerita nih...buat trip kemarin nih yang baru aja saya lakukan, ...sudah siap ya...?? :)

Senyumnya mana ini....:) | beri senyum dengan ikhlas ya...:)

Tepatnya sekitar seminggu lalu, tanggal 1 Mei 2013 saya mengabarkan kawan saya yang ada di malang buat main gitu ke malang... | setelah lama komunikasi, akhirnya sepakat nih saya cus ke malang untuk tanggal 10 tersebut...

Hari berikutnya nih langsung cari tiket kereta buat ke malang...| Kota Malang tepatnya berada di Jawa timur ya sam... Secara geografis wilayah Kota Malang berada antara 07°46'48" - 08°46'42" Lintang Selatan dan 112°31'42" - 112°48'48" Bujur Timur. Oke...tiket sudah dapet nih, berangkat tanggal 8 mei , nyampe malang tanggal 9 mei  pagi, sipp...

Semakin dekat dengan tanggal 10 kawan, ada ajakan nih dari kawan untuk ngetrip ke Kawah Idjen , kawan semua pasti sudah banyak yang mengenal kawah ijen ya,...Kawah ijen ini terletak di kabupaten Bondowoso, Jawa timur, kalau pas ke lokasi sih udah masuk perbatasan Bondowoso - Banyuwangi.., dengan ketinggian 2368 mdpl , kemudian dengan kedalaman danau itu kurang lebih 200 meter, dan mempunyai luas danau 5466 hektar, wuih....luas cuy...:D | tapi disarankan jangan pernah mandi ya di danaunya, karena kadar asam yang tinggi yang di pengaruhi oleh belerang di kawah tersebut dan itu berbahaya... | So..kalian bisa nikmatin cantiknya kawah ijen dari atas aja ya, lebih aman cuy...:D

Oh ya kawan..lupa nih mau kenalin kawanku ini yang dari malang, ...hha...maaf ya..:D
namanya Mba iffah , ya kalau kalian ketemu sama dia dijamin langsung bisa nimbrung, mb iffah ini orangnya asik kok, enak buat temen ngobrol...:D :D | saya ketemu dan kenal sama mba iffah ini waktu naik ke Semeru tahun 2012 lalu... |

Nah tiba saatnya berangkat ke malang, tepat pukul 22.15 tanggal 8.05.2013 keretaku berjalan dari stasiun tugu jogja, nikmatin suasana malang di gerbong, dengan hawa dingin, penuh dengan kesunyian, dan penuh dengan penumpang kereta..hha... | Tiba di stasiun malang tepat pukul 05.30 tanggal 9.05.2013 | langsung nih ngabarin dah nyampe ke mba iffah... |

Selamat pagi malang, selamat pagi mba iffah...senang bisa jumpa lagi ini..| Sapaku ke mb iffah ketika dia menjemput saya di stasiun.

Oke..langsung kabur aja nih dari stasiun malang langsung ke tempatnya Mas Alfyan, dia temannya mba iffah juga, dulu ketemu juga pas di semeru, :) |

Sejuk banget udaranya di pagi hari di kota malang.....tapi lama lama adem juga sam...:D

Sampai nih di tempat mas fyan, rehat bentar dan ngobrol" ringan gitulah buat pengakrapan diri..hha...:D | oh ya...ga lupa sarapan dulu nih sam...| alhamdulilah nih kenyang...:D

Sarapan udah, rehat udah, oke...sekarang packing buat perjalanan ke Kawah idjen....yee..yee...:) | girang banget kayanya ya, hha...:)

 - Kawah Idjen -

Sekitar pukul 10.00 tepatnya langsung otw ke tempat mb iffah dan persiapan buat perjalanan ke ijen, eits...mulai rame nih ternyata jalan di malang...oke santai dan waspada buat di jalannya ya sam...jaga keselamatan lebih baik daripada mengobati karena kurang waspada di jalan..:)

Mb iffah udah siap dengan kawannya , yah...satu lagi kawan mba iffah, namanya Mb Nia... | Salam kenal mba nia..:D | hha...

Perjalanan dimulai..."show Time..."  perjalan jadinya cuma bertiga saya, mb iffah, dan mb nia, kita berangkat naik motor sam, ya itung" touring sam... dan cari pengalaman itu pasti, karena pengalaman adalah pembelajaran hidup kita yang terbaik, percuma kalian cuma belajar dibangku kelas aja tanpa adanya pengalaman bukan...:) hhe...

Perjalanan kita lewat jalur utara tepatnya kita melewati Kota Pasuruan - Kota Probolinggo - Besuki - Bondowoso - Sempol - Paltuding.. perjalanan menghabiskan waktu sekitar 6 jam, tipsnya mungkin ketika perjalan jauh apalagi menggunakan motor adalah :

- Gunakan perlengkapan berkendara dengan senyaman dan seaman mungkin
- Cek kendaraan sebelum perjalanan
- Jok motor enaknya yang empuk, menjaga agar pantat ga cepat panas di perjalanan, hha...:D
- dan lain sebagainya..:d

temen" bisa menanggulanginya sendiri kok...:) |

Tiba di paltuding, ternyata sepi...| saya pikir ga ada pendaki gitu...sudah sempat kecewa juga sih...tapi cuma bentar cuy...
setelah ngobrol" bentar sama sang petugas , dapat info bahwa status Kawah ijen sekarang ini SIAGA 3 pada  tanggal 09.05.2013 | pendaki disarankan agar tidak turun ke kawah karena situasi tersebut.

Gelap malam itu, dinginnya malam itu, dan sunyinya malam itu membuat kami langsung istirahat mempersiapkan tenaga untuk Summit Atack...hha...:D | oke, kita sepakat naik jam 01.00 dini hari, ngejar lihat Blu Fire nya di kawah , blue fire ini sendiri hanya bisa dilihat ketika malam tiba, jadi ya fenomena ini sangat berkesan banget dan alami banget ini, | yah...tidur dulu....:))

__________________ZZZZZZzzzzzzzzzzZZZZZzzzzzzzzzz_________________________________

Suara alarm handphone kami berbunyi...lama juga ternyata bunyi itu terdengar dan mulai bergegas bangun, sudah jam 01.00 , kumpulin nyawa dulu nih...:)) | setengah jam berlalu dan kami sudah packing untuk summit attack...yeah..... go..go..go... | berangkatlah kami pukul 02.00 , oke...selamat dini hari...dingin udara diluar menyambut kami di perjalanan, jalan lebar yang sudah didesain rapi siap kita pijak menuju sang kawah , pepohonan sekitar menemani sunyinya malam itu...

yeah....perlahan kami menanjak, perlahan kami naik, pelan tapi pasti....Semangat mb iffah kataku...[ mb  iffah kurang bersahabat kalau sama jalan naik] banyakin latihan mba..hhe..:) | sedang mb nia yang terbakar semangatnya karena bertemu dengan turis manca langsung bergegas dan pada akhirnya juga pelan lagi, hha...:D

Oke lanjut nih masih nanjak terus.... | kurang lebih 2,5 jam kita nyampai summit, sekitar pukul 04.30 sudah tiba di kawah ijen, bau belerang nih udah nyamber nyamber aja.... tapi ga terlalu pekat banget sih, soalnya ada di atas kawah kita, ndak tau gimana kalau di dekat dan langsung turun kebawah, mungkin lain waktu bisa langsung turun ketika status normal..


- Foto bareng dulu di Kawah Ijen -


Istirahat dan menikmati blue fire dari atas kawah.....waw banget nih... | katanya blue fire ini hanya ada 2 di dunia, dan salah satunya ada di kawah ijen ini, bangga dong jadi INDONESIA...:)

Matahariku mulai menyinari alam ini, hangat cahayamu sambut pagi ini....momen yang selalu saya tunggu ketika ngetrip di tempat ketinggian, yeah...semakin terlihat saja danau di kawah....cantiknya.... dan sekarang menikmati hamparan danau berwarna biru yang indah nan cantiknya waw banget.....disambi mendokumentasikan dan berpose ria..:D | sampai pukul 06.30 kami memutuskan untuk turun, karena mesti balik ke malang sam... | yah langsung turun dan perjalanan turun itu lebih cepat dari perjalanan naik, biasanya emang gitu sih kalau pendakian...:) | diperjalanan vegetasi sekitas kawah masih sangat hijau dan rumpun pepohonan masih terjaga , ga kalah nih faunanya juga ada endemiknya, masih banyak kera hitam dan kera coklat disana...:)

- Itu ada fauna endemic -

sampai pula ini di paltuding , tempat kita bermalam... langsung packing dan sarapan, yeah....ada pisang goreng sam...mantep...:D | menu waktu itu nasgor ala idjen, hha...di warung Bu Im tepatnya...[nyam nyam...] yuk...udah kenyang nih, langsung cuss lanjut ke tujuan kedua...

oh ya..pas perjalanan turun dari paltuding, kalian nanti akan ketemu sama air terjun yang airnya itu bersumber dari air di danau kawah ijen, disebut Banyu pait, jangan coba" kalian minum itu air, karena ada kandungan belerang di airnya, tapi dilihat secara visual itu keren sih..airnya hijau benih jkaya sirup marjan aja...:) | hha...

- Banyu Pait -

Lanjut lagi......nyuss...nyuss....

Tanjung Papuma...tepatnya ada di daerah jember, yah lumayan jauh juga sam...kita berangkat pukul 11.00 dan sampai di tkp sekitar pukul 14.45.

Untuk masuk ke papuma kita mesti bayar administrasi sekitar 11 ribu perak per orang, dan disana banyak juga monyet" bergelantungan dan berlarian ditepi pantai, jadi tetap waspada dan jangan ngasih makan tuh monyet, bisa satu kompi monyet nyerbu kalian kalau ngasih makan...:) | safety first lah intinya...hha...


- Pantai Tanjung Papuma -

Disana cuma bentar sam, cuma rehat bentar dan lanjut perjalanan pulang ke malang, tepatnya start dari papuma 16.00 sampai malang hampir dini hari karena kita jalan nyantai dan nikmati suasana perjalanan...:)

kita lewat rute jalur selatan dan melewati Ambulu - Kencong - Tempeh - Dampit - Malang.

sampai jumpa di malang sam.......|  sampai nih di malang dan langsung begegas istirahat di tempat masing"..|

dan saya sendiri mengumpulkan tenaga untuk kegiatan selanjutnya....Gathering Kaskus OANC #3 @ coban rondo , kota batu..

Segini aja nih saya dapat ngeshare perjalanan pas ngetrip ke idjen...

dan beberapa dokumentasi waktu ngetrip..


- Jahit Ban @ Wonokusuman -

- Idjen  -

- Mba Nia -

-View dari Kawah idjen -


- Dulunya semacam gedunng pemantau -

- Bangunan iru kantin | 1km dari paltuding -

- Bawaan sang penambang | Belerang -


- Shelter di perjalanan -


- Paltuding -

- Banyu Pait -

- Nampak hijau airnya -

- Pantai Tanjung Papuma , Jember -

- Haruskah aku jalan ke laut -

- Jalanmu Idjen -

- Smile...:) -

- Smile lagi... :) -

- Bareng orang Japan -

- Backgroundnya keren -

- Mba iffah -

- Penambang Belerang -

- Pict Favorit ini | makasih jepretannya mba iffah -


- Life Is Adventure -





READMORE
 
Reaksi: 

Cita Cintaku


Ini di Lereng Selatan G. Merapi Th.2013


Cita  cintaku :

1. Naik haji bareng kedua orang tua
2. Menjadi anak yang bermanfaat untuk orang tua 
3. Membahagiakan adek dan kakak saya
4. Membangun rumah yang layak untuk kedua orang tua saya .
5. Menjadi manusia yang berprestasi
6. Menjadi manusia yang mengerti agama
7. Menyusuri tanah air INDONESIA
8. Kuliah ke Eropa
9. Seven Summits Gunung tertinggi di dunia
10. Membawa nama baik tanah air ke luar negeri
11. Investasi buat anak dan cucu
12. Cari istri yang sakinah, berakhlak, cantik, solehah, cinta ama ane..:D
13. Rinjani tambora tahun 2013 ini insyallah..:)
14. Lulus Kuliah secepatnya..
15. Jangan jadi pemalas
16. Beli atau bangun rumah yang layak buat istri dan anak saya nanti.
17. Beli mobil yang mantap buat keluarga
18. Ajak keluarga naik Semeru
19. Punya usaha yang sukses dan buat lapangan pekerjaan
20. Keliling eropa 
21. Insinyur muda civil engineering
22. Staf ahli urusan bangunan
23. Sehat lahir batin
24.Cari ilmu juga ke jepang
25. Nulis Buku
26. Punya kawan di seluruh belahan dunia
27. Punya teman diseluruh bagian Indonesia
28. Jadi dosen ahli
29. Ketemu presiden RI dan berfoto bareng ala petualang.
30. Pinter bahasa inggris | jerman | jepang 
31. Ahli dalam pemetaan wilayah.
32. Lulus D3 UNY thun 2013
32. Kuliah ekstensi di ITB kejar gelar S1 
33. Owner toko adventure | Adveenture Is My Life | nama tokonya


Dan masih banyak impian yang belum sempat saya tulis disini, mohon doanya pembaca.:) | Semoga selalu di berikan yang terbaik buat saya AMINN...:) | Terima kasih Allah SWT..:))

READMORE
 
Reaksi: 

Klasik Modern

Kota jogja, kota dimana sebagian besar penduduk indonesia pastinya sudah mengenalnya, bertempat di pulau jawa dan salah satu kota besar di jawa. 

Nah..siapa yang belum tahu malioboro.? *angkatjari....:D
 Tentu sudah tahu ya kawan, salah satu tempat wisata belanja di kota Jogja...Jogja..jogja.. | disekitaran malioboro ketika saya hunting atau kata lainnya golek-golek (javanese lenguage) hha...saya sempat memotret beberapa tempat menarik disana, banyak tempat menarik untuk kita ambil gambarnya, ada di titik KM.0 kota jogja, gedung agung, pasar beringharjo, dll..

Nah kalau saya tertarik dengan gedung" tua yang sekarang sudah dijadikan tempat" perbelanjaan atau di fungsikan sebagai toko, banyak banget gedung yang ada..tapi kalau ddemikian apakah gedung itu termasuk sebagai cagar budaya.?? itu yang saya belum tahu kawan... |

Kalau saja dijadikan cagar budaya mungkin akan lebih menarik dan mungkin akan juga lebih menarik untuk pariwisata tentunya, atau wisata edukasi...mantep...:D | nah itu yang perlu kita tanyakan sebetulnya ke pemkot jogja..hhe...

Seakan gedung tua itu sendiri ketika sudah di fungsikan sebagai toko view dari bangunan tersebut yang Klasik akan luntur ketika hanya sebagian kecil saja yang masih tampak dan terlihat..:( | 

Tapi mungkin ada sisi baiknya juga karena pemanfaatan bangunan, daripada ga kepake mungkin, hha...:D

Oke...ini saya cuma jepret yang saya tertarik buat aku upload, selainnya foto"nya ngeblurrrr....hha...(msih belajar moto..)

Gedung Tua | Malioboro Yogyakarta |


Yah...cuma sedikit berbagi tulisan, semoga berkenan..hhe...

:: Salam...Indra ::

READMORE
 
Reaksi: 

Entah...

Oro-oro Ombo | G. Semeru 3676 mdpl


Aku manusia tampan.?

Aku manusia super.?

Aku manusia pintar.?

Aku manusia baik.?

Aku manusia cerdas.?

Aku manusia beruntung.?

Aku manusia hina.?

Aku manusia pembohong.?

Aku manusia munafik.?

Aku hanya manusia biasa yang hanya mampu berusaha dan fokus pada kehidupan yang tak tau aku akan
kemana, yang tak tau aku harus bagaimana.?

Apakah aku manusia yang akan menantang bumi, yang akan menaklukan bumi dengan cara dan sistemku.?

Apakah aku manusia tampan yang akan menaklukan semua hati wanita di muka bumi ini.?

Apakah aku manusia yang akan menipu semua orang yang ada di muka bumi ini.?

Apakah aku yang akan menaklukan dunia agar semua orang tahu betapa hebatnya aku.?

Hanya saja aku manusia biasa yang berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hidupku, yang berusaha mengalahkan egoku, yang akan mengalahkan kemunafikan dalam diriku.

Berikan saya kekuatan untuk mengalahkan diri saya sendiri. dengan begitu aku akan hidup tenang.


create : indra.

_____________________:::____________________

READMORE
 
Reaksi: 

Berbagi Waktu Dengan Alam


| Bunga di Lereng Gunung Merbabu Via Cuntel |

Siang itu matahari sangat cerah menyinari bumi ini, khususnya bagian Indonesia barat | Kota Istimewa | ya... Suasana lumayan panas ketika itu, akhhir minggu Oktober 2012 memang kita jadwalakan  untuk survey lokasi kegiatan outdoor tentunya, bersama kawan - kawanku Andri, Nedy, dan Bayu. Menjelang sore kita sudah berkumpul untuk melakukan packing perlengkapan.

Ya.... kita akan survey ini...

Survey kali ini bertempat di lereng G.Merbabu via Cuntel, kalau perjalanan dari kota istimewa ke lokasi basecamp menempuh waktu sekitar 90 menit kawan...lumayan jauh nih..:D

Oh ya... masih packing nih, perlengkapan lumayan , standart 3 hari kita akan disana, jadi perlu banyak logistik dan perlengkapan..hhe..:) . Packing segera kami lakukan dengan cepat, kejar waktu ini biar cepet sampai lokasi.

Yah..sudah menjelang senja, tapi tenang... packing dan semua perlengkapan sudah siap dan tinggal kita bawa. Sebelum berangkat kami memustuskan untuk berangkat setelah magrib, biar selow dalam perjalanan dan diberikan keselamatan..:D | Oke...sudah saat untuk berangkat...

Segera kita berkumpul dan berdoa sebelum berangkat... | nyuss.....berangkat, kita lewat kota Magelang untuk bisa sampai dilokasi.

Satu setengah jam kita lalui perjalanan ke lokasi, dan alhamdulilah kita sampai dengan selamat..:D

Langsung kita ke basecamp cuntel dan langsung bongkar SB , kita istirahat..

Oh ya, pengelola basecamp cuntel Mas Ando namanya, orangnya ramah, jadi kalian yang ingin naik gunung merbabu via jalur cuntel tenang aja, mas ando siap membantu kalian..:D

_________________________________________________________________________


Dan selamat pagi....

Lanjut kita bersih" diri, bersiap untuk keliling lereng cari lokasi yang pas buat kegiatan...
Banayak hal yang bisa kita resapi dan kita ambil maknanya dari alam, alam betapa megahnya dirimu, berdiri tegak diatas muka bumi betapa indahnya kamu memancarkan auramu yang nyata alami..

yah...sudah mulai lupa nih buat cerita, hhaaa....:D :D

langsung saja , survey sudah terlaksana dan alhamdulilah lancar, banyak momen" tertentu ketika kita ngecamp , disana kita dapatkan saudara seutuhnya, kawan seutuhnya, kita dapatkan suasanya nyata harmoni dalam malam...angin" menembus rimba raya. agak lebay mungkin,,, hha....:D

Semoga tulisan ini menjadikan kita belajar terhadap alam. Alam adalah kawan, kunjungilah dan rasakan hangat dekapan sang alam bersamamu..|


Camp kita | Bayu | Andri | Nedy | Indra 


:: Life is Adventure ::







READMORE
 
Reaksi: 

Menuju Puncak Abadi Para Dewa



Menuju Puncak Abadi Para Dewa

Juli 2012

Bagi para petualang indonesia, gunung semeru merupakan gunung favorit para pendaki di indonesia, gunung tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian 3676 Mdpl ini sangat menyimpan berjuta pesonanya dan sangat memikat untuk kita nikmati alamnya.

Pengalaman pertama mendaki gunung semeru yaitu pada 12 juli 2012, sangat mengesankan, awalnya mendapat info tentang adanya jambore JP di semeru ini, sangat penasaran ingin mengikutinya, bertekad untuk datang saya langsung mempersiapkan segala perlengkapan untuk mendaki puncak abadi para dewa..


Lets goo....:)

11 Juli 2012, pukul 09.00 WIB langsung meluncur ke surabaya dengan armada Bus yang selalu ingat dan sangat mengenang dalam perjalanan,. Mulai menikmati perjalanan menuju Surabaya, banyak momen" unik ditemui sepanjang perjalanan, capcus gan...


Tiba di surabaya pukul 19.00 WIB, langsung mencari armada menuju ke kota apel [Malang], yah...dapat juga menuju ke malang, perjalanan dari surabaya ke malang sekitar 2 jam, sampai malang pukul 21.00 WIB, seharusnya bisa langsung menuju Tumpang, tapi saya meutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju tumpang esok hari, sekarang waktunya surviv tempat istirahat...hahaha....dapat juga, @Masjid terminal kota malang saya istirahat untuk menyambut datangnya sang mentari esok hari, sangat nyaman, penunggu masjid pun ramah, sehingga menjadi suasana yang begitu tentram..:D


Matahari sudah di ufuk timur , selamat pagi kota malang....12 Juli 2012
....memberikan cahayanya untuk menyinari dunia, Selamat pagi "kata penjaga masjid menyapa"....:)


Langsung bergegas ibadah , kemudian dilanjukan berpetualang menuju tujuan awal. Pagi itu segera mencari angkutan menuju tumpang, setelah sampai di tumpang langsung menuju Ranu pane, basecamp G.semeru. Oh iya...menuju ke tumpang Alhamdulilah dapet tumpangan ni bareng temen" SAR DIY, mantap...[ nuwun mas ]. hhe...


Perjalanan di lanjutkan menuju ke Ranu Kumbolo bareng temen" SAR DIY, sampai di Ranu kumbolo langsung mendirikan tenda, masak, dan segera istirahat...Ngomong-ngomong ni di ranu kumbolo dingin banget cuy...SB satu kayanya kurang ini, khahahh....:) tapi tetap mantap, itulah keunikan dan suasanya di ranu kumbolo, Si danau diatas Awan..:)


Selamat pagi ranu kumbolo...........13 Juli 2012.

Kabut tebal menutupi sinarnya yang nampak muncul pada celang diantara dua bukit, suhu sangat dingin di pagi hari, mantapnya air danau terasa hangat untuk disentuh...ketika kabut meninggalkan ranu kumbolo.....Cantiknya.......sangat mempesona. Lanjut tujuan awal...MAHAMERU, siang pukul 11.00 WIB berkemas menuju Arcopodo, berangkat sendiri dan bertemu kawan dari bandung dan malang di oro" ombo, jadinya mau muncak bareng nih. Sampai kali mati sudah jam 14.00 WIB, istirahat bemtar...kemudian pukul 16.00 WIB lanjut ke Arcopodo, pos terakhir sebelum MAHAMERU, sampai di arcopodo pukul 18.00WIB, suhu normal. Langsung dirikan tenda, dan masak untuk amunisi malam ini, segelas kopi hangat menemani malam, dan canda dengan kawan baru, like....:)



Pukul 02.00 WIB , 14 Juli 2012.....terbangun untuk melanjutkan Summits, semangatt....


Perjalanan menuju puncak sangat melelahkan, tanjakan 21 yang sangat ekstrim ini mulai kudaki perlahan lahan, 2 1 2 1 2 1.......ya begitulah....tak terasa sudah hampir mencapai puncak, yah...mahameru...aku datang....


Akhirnya kupijakkan kakiku di Mahameru 3676 mdpl, mantapp....:)



15 menit di puncak, langsung turun menuju arcopodo dandilanjutkan menuju ranu kumbolo untuk ngecamp sebelum turun ke ranu pane, sangat amazing sekali pengalaman ini. Tidak akan terlupkan...ingin rasanya aku menuju puncakmu lagi Semeru..Insyallah...:)

Beberapa document dalam petualangan kali ini.:

 Poto bareng crew JP sama temen" SAR DIY

 Rizli , dari malang dia

Suasana Ranu kumbolo 14 Juli 2012

Nah ini baru mau muncak, @Ranu kumbolo

Mahameru gan, 3676 mdpl, bareng Resti ma Bang Do

nah yang ini pas balik turun ke ranu kumbolo, ketemu Medina Kamil di balik bukit tanjakan Cinta.





<<<< Petualangan ga cuma sampi sini, masih banyak mimpiku untuk aku jelajahi>>>>
READMORE
 
Reaksi: